Jumat, 28 April 2017

BMC Jajanan Gerobak


1. BMC GEROBAK BASO
😊 😊 USAHA GEROBAK YANG MAMPU MERUBAH KEHIDUPAN

Pada saat ini seringkali kita mendengar tentang BMC atau Business Model Canvas. Tapi akapah kita tahu dan paham tentang BMC tersebut? Yuk kitaa kupas tuntas tentang BMC.
Business Model Canvas atau yang bisa kita sebut dengan BMC yaitu sebuah penggambaran untuk menggambarkan model bisnis yang akan kita lakukan, dan memiliki tujuan keberhasilan untuk jangka waktu panjang. Bentuk BMC itu sendiri hanya berupa selembar kertas, simple dan mudah untuk dipahami isinya , seperti namanya Business Model Canvas. Lalu kenapa di sebut canvas? Canvas berasal dari bahasa asing yang bisa di artikan canvas = kertas. Ciri cirri BMC terdiri dari 9 pilar, yaitu :
1.      Custmer segment adalah target market kita atau siapa saja yang akan membeli produk kita.
2.      Value proportion yaitu hal apa saja yang menjadi kelebihan atau nilai tambah, sehingga konsumen mau membeli produk kita.
3.      Channels adalah bagaimana cara kita menawarkan atau menjual produk kita kepada konsumen.
4.      Customer relationship adalah cara apa saja yang di lakukan untuk menjaga hubungan baik dengan konsumen.
5.      Revenue streams merupakn nafas untuk membuat usaha kita tetap hidup atau tetap berjalan, yaitu bagaimana caranya agar bisnis kita menghasilkan uang.
6.      Key resources yaitu sumber daya dan kebutuhan apa saja yang harus di penuhi untuk aktivitas bisnis kita.
7.      Key activities adalah kegiatan kegiatan yang menetukan keberhasilan suatu usaha atau bisnis.
8.      Key partners merupakan mitra kerjasama yang mendukung jalannya sebuah bisnis.
9.      Cost structure menggambarkan semua biaya yang di gunakan untuk kegiatan usaha atau bisnis.

Berbicara tentang bisnis dalam skala gerobak, masih banyak orang yang menganggap remeh atau bisa di bilang masih banyak yang beranggapan bahwa bisnis gerobak itu hanya mendapatkan penghasilan yang kecil bahkan kurang dari UMK. Betulkah seperti itu?
Pada tulisan saya kali ini, saya akan membahas tentang hasil wawancara saya dengan Ibu Lascmi berkenaan tentang usaha gerobak Ibu Lascmi.
Ibu lasmi adalah salah satu sosok ibu yang tidak pantang menyerah, sabar dan kerja keras dalam membahagiakan keluarganya. Ibu dari dua anak ini, aktivitas sehari harinya yaitu berjualan baso dengan menggunakan gerobak di salah satu tempat yang dia sewa tepatnya di Jalan Budhi Cilember Rt 05 Rw 03 kelurahan Sukaraja Kecamatan Cicendo Bandung.
Baso yang di jual ibu Lascmi dinamakan olehnya yaitu “BASO OPIK”. Filosofi nama tersebut yaitu karena opik merupakan nama suami dari ibu lascmi.
Seperti yang kita ketahui bahwa baso merupakan makanan yang banyak sekali tersebar di Indonesia dan tentunya menjadi salah satu makanan kesukaan orang Indonesia. Karena itulah ini menjadi peluang besar untuk Ibu Lascmi dalam berjualan basonya. Dalam sehari Ibu Lascmi mendapatkan laba bersih sekitar 200 – 300 ribu rupiah. Nah terbukti kan, kalau laba bersih tersebut di kalikan 30 hari atau satu bulan, Ibu Lascmi mendapatkan keuntungan 6 juta rupiah sampai dengan 9 juta rupiah.


 Akan tetapi setiap bisnis yang kita jalani tidak selamanya akan berjalan mulus. Seperti cerita ibu lascmi, dalam bisnisnya beberapa kali mengalami hal hal yang dapat merugikan dirinya contohnya ibu Lascmi pernah di tipu consumen  dengan membeli menggunakan uang palsu, orang yang dengan sengaja berbuat kenakalan dengan cara memesan baso kemudian ketika di antar ketempatnya ternyata orang tersebut tidak mengakui bahwa dirinya sudah memesan baso Via SMS.  Dan ibu lascmi juga pernah di tipu ketika Ibu Lascmi membeli daging segar untuk bahan pembuatan baso, Ibu Lascmi malah di kasih daging yang sudah tidak segar lagi, karena daging yang sudah tidak segar lagi baso yang di produksinya pun menjadi lembek dan hancur.
Akan tetapi hal tersebut tidak membuat ibu Lascmi mundur dalam usahanya, “ saya sadar bahwa hidup di pinggir jalan dan berjualan pasti tidak selalu berjalan baik, pasti ada kerikil kerikil kecil yang menghalangi dan saya tetap yakin dan berusaha, yang terpenting saya selalu berdoa untuk kelancaran usaha saya “ Tuturnya.
Kalimat yang ibu Lascmi ucapkan membuat saya yakin dan membuat saya termotivasi untuk membuka usaha juga. Jangan pernah takut untuk memulai sebuah usaha, dan jangan pernah takut akan sebuah kegagalan. Karena kegagalan tidak selamanya menjadi akhir, anggap saja kegagalan adalah langkah awal menuju kesuksesan.
Nah kita lanjut yuk, ke pembahasan. Dari hasil wawancara saya dengan Ibu Lascmi , ternyata keberhasilannya menjual baso sampai sekrang tidak lepas dari The Business Model Canvas.
Yuk kita simak The business Model Canvas…




 Pembahasan The Business Model Canvas :
1.      Customer segments
Konsumen yang di targetkan Ibu lascmi dalam memasarkan atau menjual basonya yaitu dari masyarakat dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah. Selain itu juga menargetkan kepada masyarakat yang menyukai makanan baso baik pria dan wanita dari umur 5 tahun sampai 60 tahun. Tempat jualan ibu lascmi cukup strategis karena dekat dengan sekolah, dan tentunya yang menjadi target pasar ibu lascmi pun guru dan pelajar, mulai dari anak anak paud sampai dengan sekolah menengah.
2.      Customer Relationship
Saya termasuk salah satu pelanggan setia ibu Lascmi, jadi saya bisa merasakan sendiri pelayanan yang di berikan ibu lascmi. Dari hasil wawancara saya kepada ibu Lascmi berkenaan customer relationship, Ibu Lascmi selalu memberikan pelayanan yang terbaik, ramah dan selalu memberikan senyum terhadap pelanggannya, memberikan kenyamanan dan kepuasan, menjalin kepercayaan terhadap konsumen, dan yang terakhir supple dan menyenagkan, sehingga konsumen yang datang pun merasa tidak canggung dan selanjutnya akan menjadi pelanggan.
3.      Value Propositions
Baso yang di jual Ibu Lascmi , benar benar baso yang terjaga kualitasnya , cita rasa yang khas Solo, bahan baku (daging) yang di gunakan selalu segar, dan tanpa bahan pengawet maupun pengenyal Baso. Kemudian Baso Opik ini menyediakan jasa pesan antar atau Delivery Order, jadi itu bisa menjadi nilai tambah untuk baso opik.
4.      Key Activities
Aktivas yang di lakukan Ibu Lascmi dalam menjalankan usahanya BASO OPIK, adalah menyediakan bahan baku dari mulai daging yang segar sampai dengan bumbu bumbunya, memproduksi baso, menjual baso, dan melakukan promosi untuk meningkatkan omset yang di dapat ibu Lascmi.
5.      Key Partners
Dalam menjalankan bisnisnya baso opik harus memiliki key partners , seperti halnya memiliki supplier untuk menyediakan bahan baku yang di butuhkan ibu lascmi, kemudian pemilik tempat yang di gunakan untuk kegiatan pemasaran atau penjualan Baso Opik.
Dalam hal key partners ibu lasmi memilih orang yang dapat di percaya, jujur, amanah serta bertanggung jawab apabila ada problem yang berkaitan dengan bahan baku maupun tempat sewa.
6.      Channels
Baso opik di jual di salah satu tempat yang di sewanya atau bisa di katakana secara Offline. Dengan perkembangan teknologi yang pesat, Ibu Lascmi tidak mau ketinggalan karena ibu Lasmi pun melakukan pemasaran serta promosi melalui internet yaitu dengan menggunakan media sosial facebook, serta telpon dan sms.

7.      Key Resources
Dalam menjalankan bisnis Baso Opik,ibu Lascmi membutuhkan tenaga yang dapat membantu dalam proses pembuatan baso, kemudian perlatan yang lengkap dan layak pakai. Untuk melakukan penjualan dan promosi via media sosial, sms dan telpon menggunakan Hp android.
8.      Cost Structure
Struktur biaya yang digunakan oleh ibu Lascmi “ Baso opik “ untuk sewa tempat jualan, bahan baku, serta biaya operasional lainnya.
9.      Revenue Stream
Pendapatan yang di hasilkan oleh ibu Lascmi dari semua produk yang di jual “ Baso Opik “ menyediakan Baso dengan berbagai varian, Mie ayam, es campur dan pop Ice.
Adapun analisa dan saran untuk usaha baso Ibu Lascmi.
1.      Pada customer segment, target pasar ibu Lascmi sudah cukup bagus dan tepat.
2.      Dalam hal menjalin hubungan yang baik dengan konsumen ibu lascmi sudah sangat memperhatikan hal tersebut.
3.      Value proporsitions yang di bangun oleh ibu lasmi sudah bagus dan menarik konsumen.
4.      Dan untuk revenue streams juga sudah bagus, karena ibu Lasmi tidak hanya mengandalkan basonya saja, tapi ibu lasmi juga menjual mie ayam, es campur serta pop ice. Dan akan  lebih baik jika Ibu Lascmi melakukan pembukuan terhadap usahanya, supaya terlihat arus kasnya.
5.      Channel yang di gunakan Ibu Lascmi sudah bagus karena sudah mulai menggunakan media  sosial, akan tetapi menurut saya harus lebih di kembangkan lagi supaya orang lebih tertarik.

#kewirausahaansukses
#pantangmenyerah









2. BMC GEROBAK SEBLAK
 ðŸ˜‡ðŸ˜‡ USAHA GEROBAK MENJANJIKAN  ??

Ada yang pernah mendengar The Business Model Canvas ? adalah bisnis yang terdiri dari 9 blok area aktiviitas bisnis, yang memiliki tujuan memetakan strategi untuk membangun bisnis yang kuat, bisa memenangkan persaingan dan sukses dalam jangka panjang. Bussines Model Canvas ini memiliki ciri khas dengan 9 blok yaitu :
1.       Costumers segment- Kepada siapa mnawarkan produk? Siapa pelanggan yang palng penting ?
2.       Value proposition- Penawaran nilai atau jasa produk yang anda tawarkan dalam bisnis anda kepada pelanggan anda.
3.       Costumer Relationship- Bagaimana memabangun dan menjaga hubungan dengan pelanggan.
4.       Channel- Bagaimana anda  menghantarkan produk anda kepada segment pasar yang telh anda tentukan, apa jalur yang paling mudah lewat mereka.
5.       Key Partnership- Siapa rekan anda, sumber daya apa yang ia sediakan,bagaimana ia dapat membantu aktivitas bisnis anda.
6.       Key Resource- Apa saja sumber daya yang dibutuhkan untuk menghasilkan produkdan menghantarkanya melalui chanel serta menjaga hubungan dengan pelanggan.
7.       Key Activities- Apa aktivitas paling penting yang harus anda lakukan agar bisnis anda jalan.
8.       Cost Structure- Berapa biaya yang harus dikeluarkan dalam model bisnis anda? Mana biaya tetap? Mana biaya variable.
9.       Revenue stream- Dari mana sumber pemasukan? Apa saja yang pelanggan bayar?

BIcara tentang usaha gerobak pasti kebanyakan orang memandang sebelah mata kepada usaha gerobak atau pedagang-pedagang yang menggunakan gerobak. Menganggap kalau penghasilan mereka lebih kecil daripada karyawan pabrik ataupun pekerja lainya. Padahal opini itu bukanlah kenyataanya melainkan kebalikanya , apakah anda percaya dengan apa yang saya tulis bahwa usaha gerobak melebihi penghasilan karyawan pabrik yang sudah mencapai gajih UMK ? oleh karena itu untuk memastikan kebenaran apa yang saya katakan ataupun yang saya tulis mari kita simak dan cermati true analisa saya ….. ‘’’Simak terus yaa……….
Anda pernah mendengar SEBLAK ? pastinya sudah dong…. Bahkan seblak ini sudah dikenal oleh sebagian warga asing. Nah disnilah kita akan mencari tahu untuk memastikan apa yang saya katakan tentunya melalui usaha gerobak SEBLAK atau dari penjual SEBLAK …
Seblak pada era sekarang ini sudah sangat banyak macam-macam rasa dan jenisnya juga telah di modifkasi kembali sehingga seblak telah tampil berbeda dari tahun 2000 an ke belakang contohnyakan sekarang tuh ada seblak tulang,makroni,ceker,batagor,basreng dll, sementara dulu mah naon atuh Cuma ada seblak kurupuk aci eta ge di ditinyuh ngangge cai panas dikeeum nepi beukah terus dicengekan meni sedih’’’hehe bahasa sunda dikit’’’ artinya gini buat yang ga ngerti bahasa sunda sementara kalau dulu itu Cuma ada seblak kerupuk aci saja diseduh dengan cara direndem pake air panas sampai mengembang dan diberi cabe rawit sangatlah sedih…. Gitu artinya hehehehe. Di sebuah daerah, saya melihat ada yang usaha gerobak SEBLAK tepatnya Di dayeuhkolot kab, Bandung hari itu saya sekedar melihatnya saja tapi dikemudian hari saya mencoba untuk menghampirinya, dan yang telah membuat saya ingin menghampiri dikarnakan penjual seblak gerobak itu selalu di gandrungi banyak pembeli , saya penasaran dong pastinya namun awalnya saya hanya penasaran dengan rasa nya ‘’’’’ wahh kayanya enak tuh seblak ,pembelinya juga banyak gitu’’’ dan sayaa beli lah seblak itu karena penasaran dengan rasanya.. ‘’’kira-kira enak ngga menurut sahabat ?? jawabanya adalah …. Yaaa ternyata memang enak hmmmmm pantesan banyak yang beli rasanya itu beda dari seblak yang lain ‘’’’kayanya pake bumbu rahasia nihhhh’’’’’, tapi penasaran saya ngga sampai disitu tiba-tiba saya penasaran akan penghasilan penjual SEBLAK gerobak itu yang akhirnya saya memberanikan diri untuk menghampirinya lagi tapi dengani tujuan utamanya bukan untuk membeli kalau sekarang melainkan untuk mewawancarai penjual SEBLAK tersebut ,ketika saya datang lagi-lagi si SEBLAK sedang digandrungi banyak pembeli ya terpaksa saya menungu sampai pembelinya mereda ,singkat cerita akhirnya pembeli mereda dan saya langsung memulai untuk meminta ijin wawancara dan syukurnya beliau berkenan untuk di wawancara.. ‘’’’ teteh penjual seblak nya baik banget, ramah, cantik pula.hehehe
Okey deh kita kenali dulu yuu penjual SEBLAK nya…

Di suatu daerah tepat nya, Ds.Dayeuhkolot Kec Dayeuhkolot RT 07 RW 08 Depan Toko Ria Busana Berdiri sebuah usaha gerobak pinggir jalan yang di kelola oleh seorang wirausahawati , ‘’’’wirausahawati’’’’’ ?? siapa yang dimaksud wirausahawati…… yaa beliau adalah pemilik usaha gerobak SEBLAK, Beliau bernama Tehh Marini kalau saya panggil, seorang ibu rumah tangga 36 tahun + wirausahawati ‘’’ hebat kan jiwa ibu kartini nya ada’’’ Tehh marini mempunyai 4 orang anak yang masih berada pada bangku sekolah semuanya dan suaminya bekerja sebagai karyawan di suatu perusahaan. Sebelum usaha SEBLAK ini Didirikanawalnya Dikarnakan Tehh Marini ingin membantu suaminya untuk memenuhi kebutuhan keluarga khususnya untuk biaya anak-anak nya sekolah Tehh Marini mencoba berpikir bagaimana agar beliau dapat membantu suaminya ataupun ekonomi keluaarga karna memang waktu itu kondisi ekonomi Tehh Marini sedang tidak baik namun Tehh Marini tetap berpikir untuk bisa mengembalikan kembali ekonomi keluarganya, singkat cerita karna melihat di sekeliling rumahnya bahkan tetangganya banyak yang berjualan seblak rumahan beliau terbesit untuk berjualan seblak namun beliau berpendapat tidak mungkin kalau jualan seblak rumahan karna kan sudah banyak yang jualan.. beberapa minggu kemudian ada yang menjual Gerobak bekas dengan harga 350 ribu’’’’’ ada yang jual gerobak,[terbesit] okey mending jualan seblak di gerobak aja tinggal cari tempat mangkalnya kata tehh marini’’’’ tak banyak berpikir tehh Marini langsung membeli gerobak tersebut dan tak lama mndapatkan tempat pangkalan untuk berjualan, dan harus sahabat ketahui bahwa tehh marini tidak mempunya basic ataupun pengalaman untuk berwirausaha serta tidak ada keturunan keluarga yang berwirausaha. Dengan modal nekad dan modal bermaterikan pas pasan Tehh Marini memulai berjualan SEBLAK Pada Tahun 2014 hingga sekarang dengan memberi nama gerobak jualanya #SEBLAKSEUHAHBEBEBMAMAHONI# sebentar saya penasaran kenapa tehh marini memberi nama gerobak/usahanya seblak seuhah mamah oni ?? dan tehh Marini menjawab seblak seuhah bebeb itu persembahan usaha SEBLAK teteh untuk membantu s bebeb ( suami) sedangkan mamah oni itu teteh mempunyai anak paling gede bernama soni jadi yang berjualanya itu teteh mamahnya soni jadi deh #SEBLAKSEUHAHBEBEBMAMAHONI#  wah menarik yaaa J#SEBLAKSEUHAHBEBEBMAMAHONI#ini mulai berjualan dari jam 4 sore sampe jam 11 malem ‘’’duh tehh kenapa harus  dari sore sampai malem saya tanya’’’ karena yang jualan seblak dari pagi sampe sore sudah banyak kalau didaerah sini jadi teteh ngambil yang dari sore sampe malem, jawab tehh marini.’’’’kaya kerja shifh pabrik aja ‘’’hehe, tapi merupakan good idea strategi yang tepat lohh.
Selama kurang lebih 3 tahun #SEBLAKSEUHAHBEBEBMAMAHONI#berdiri mengalami penjualan yang pasang surut namun dengan keyakinan, semangat, kerja keras,dan berdoa Tehh Marini jualanya sampai sekarang tetap berdiri dan semakin bertambah banyak pelangganyabahkan yang berada diluar daerah pun banyak yang sengaja jauh-jauh datang untuk membeli #SEBLAKSEUHAHBEBEBMAMAHONI# padahal di daerah nya pun ( pelanggan ) banyaak yang berjualan SEBLAK itu membuktikan bahwa kualitas SEBLAK Tehh Marini ini memang juara !!! #SEBLAKSEUHAHBEBEBMAMAHONI# memiliki omset penjualanya yang lumayan kalau seukuran usaha gerobak , ‘’’penasaran dengan omsetnya yang katanya melebihi gaji umk karyawan ?’’’ namun dibalik kesuksesan #SEBLAKSEUHAHBEBEBMAMAHONI# secara tidak langsung menggunakan #The business model canvas mari kita lihat business model canvas #SEBLAKSEUHAHBEBEBMAMAHONI# serta pendapatan nya dalam perhari, perbulan juga pertahun.
Ohh iya tuh hampir ada yang lupa Tehh Mariini juga sharing suka duka nya nih tentang usaha gerobaknya sahabat jangan mengira bahwa usaha Tehh Marini berjalan dengan mulus. Pada tahun pertama bulan ke 1 sampai dengan bulan ke 3 omset Tehh Marini di gebrak dengan penghasilan 600 rb per hariwaw gede dong… lalu bulan ke 4 ??? ‘’’duh saya cerita nya baper nih teringat pas waktu wawancara Tehh Marini, Bukan karena Baper ada perasaan yang dipendam ya bukan hehehe’’’ yang terjadi pada bulan ke 4 sembari Tehh Marini terisak menangis menceritakan bahwa dibulan ke 4 itu omsetnya mencapai 0 Rupiah ‘’’’wahh s Teteh becanda nihh’’’’ dan ternyata memang ngga becanda Tehh marini mencapai omset 0 Rupiah pada bulan ke 4 karna beliau tidak bisa berjualan setelah kejadian yang menimpa dirinya dan mengharuskan Tehh Marini terbaring dirumah sakit selama 5 hari ( pada waktu itu ada kecelekaan lalulintas roda dua terjatuh kencang dan menabrak gerobak Tehh Marini dengan keadaan Tehh marini sedang memasak, gerobak hancur berantakan barang dagangan semuanya sirna api berkobaran karna dari kompor yang sedang menyala ada tiga orang yang terluka Tehh Marini dengan luka yang Parah dan 2 pelangganya yang mengalami luka Sedang) hasil laba berjualan selama 3 bulan habis lagi untuk dipake berobat karna yang menabrak bukan orang yang berada dan hanya bisa mengatakan maap terpaksa biaya rumah sakit Tehh Marini yang tanggung sendiri. Setelah sembuh Tehh Marini bingung untuk berjualan kembali melihat keadaan gerobaknya yang sangat berantakan dan tidak ada modal untuk kembali berjualanya, Tapi Tuhan maha adil dan maha segalanya 2minggu kemudian ada seorang pelangganya yang menanyakan kepada warga sekitar kenapa yang jualan seblak disini ngga jualan lagi? warga menjawab dengan apa yang sudah menimpa Tehh Marini dengan dermawan nya si pelanggan itu meminta untuk di antarkan ke Rumah Tehh Marini, singkat cerita seorang dermawan ini memberikan modal secara Cuma-Cuma untuk Tehh Marini agar bisa bejualan lagi, disitulah Tehh Marini bisa berjualan lagi dan masih berdiri sampe sekarang.. tapi saya menanyakan apakah pelanggan dermawan itu sering kesini? Tehh Marini menjawab semenjak beliau memberikan bantuan kepada teteh beliau belum pernah kesini lagi sampe sekarang.’’’’ Terharu yaa ‘’’ semoga kita bisa jadi seorang dermawan yaa’’’’’ dan pesan yang didapat jangan takut berwirausaha, karna kegagalan awal dari keberhasilan kesulitan apapun yang menimpa usaha kita pasti akan ada jalan keluarnya asalkan kita yakin dan optiimis.. kita lanjut ya untuk melihat pendapatanya atau bisnis model canvas nya..






 
Nah gimana sudah lihat business model canvas nya #SEBLAKSEUHAHBEBEBMAMAHONI#?disini kita dapat menyimpulkan dan memastikan bahwa pengusaha gerobak berpenghasilan lebih besar daripada penghasilan karyawan pabrik yang mendapatkan gajih UMK ..
#SEBLAKSEUHAHBEBEBMAMAHONI#   Rp.91.200.000 /tahun
#KARYAWANPABRIK                                     Rp.2.800.000/bulan x 12 = Rp.33.600.000 ( UMK kota )

Terbukti yaaaa kawan-kawan,perbedaan yang signifikan untuk penghasilanya… jadi jangan takut untuk berwirausaha .#suksesselaluuntukkita
Kita bahas kembali yaa#SEBLAKSEUHAHBEBEBMAMAHONI#
Tehh Marini mengatakan bahwa rekan yang bisa membantu untuk usahanya ini keluarga khsusnya suami dan anak yang selalu mendukung ketika berjualan nya ramai pmbeli anak nya yang selalu membantu ataupun suaminya, tak lain kunci aktivitas dalam berjualanya adalah berdoa kepada yang maha kuasa dan selalu yakin optimis dan mengutamakan cita rasa dalam memasak akan usahanya, terbukti kunci aktivitas seperti itu usahanya berjalan sampai sekarang, pembeli berdatangan sendiri tanpa harus dicari melainkan pembeli mencari #SEBLAKSEUHAHBEBEBMAMAHONI#untuk sumber daya yang dibutuhkan Tehh marini tidak mempunyai karyawan yang berperan dalam usahanya hanya Tehh marini dan keluarganya, tapi menarik apa yang jadi nilai lebih dan menjadikan hubungan baik dengan pelangganya adalah usahanya Tehh Marini disamping harga nya yang terjangkau dan banyak jenis varian seblak dengan rasa yang berbeda dari yang lain disini juga disuguhkan kalau bahasa keren nya self service pelanggan bisa memasak sendiri dan melayani dirinya sendiri dan yang pasti tempat nya strategis mudah dijangkau seperti harganya, tidak hanya itu untuk menambah ikatan terhadap pembeli Tehh Marini memberikan Promo Buy 5 get 1’’’makin betah aja atuh pelangganya inimah’’’.. Tehh Marini membuka usaha SEBLAK karna tidak ada batas kalangan anak sampai dewasa,ibu-ibu dapat mengkonsumsi SEBLAK dan benar-benar memanfaatkan segment dimana daerah tersebut sering dilewati orang-orang, baik yang pulang kerja ataupun yang ber shoping-shoping karena daerah itu pusat perbelanjaan, untuk memperkenalkan produk nya Tehh Marini tidak menggunakan social media dll hanya mengandalkan mulut ke mulut dari pelanggan, stay place dan dengan cara seperti itu juga sudah menjadikan usahanyamaju apalagi kalau di promosikan melalui social media ataupun yang lainya. Untuk biaya nya :
Biaya tetap
1.       Listrik                    Rp.150.000/bulan
2.       Gas 3 kg               Rp.12.000/hari ( harga gas dibagi 2 , 24.000/2)
3.       Keamanan          Rp.4000/hari
4.       Kebersihan         Rp.2000/hari
5.       Belanja bahan   Rp.200.000/hari
Biaya berubah
1.       Belanja bahan   Rp.350.000/hari ( jika permintaan bertambah)
Rata-rata Pendapatan dari pelanggan
Pada bulan biasa
Laba kotor           Rp.500.000/hari
Laba bersih         Rp.300.000/hari x 24 hari = Rp.7.200.000 jadi dalam sebulan omset bersih #SEBLAKSEUHAHBEBEBMAMAHONI#adalah Rp.7.200.000 x 11 bulan biasa = Rp.79.200.000
Total dalam sebelas bulan omsetnya mencapainya Rp.79.200.000
Pada Bulan puasa ( romadhon )
Laba kotor           Rp.900.000/hari
Laba Bersih         Rp.500.000/hari x 24 hari = Rp.12.000.000 jadi 1 bulan puasa omset #SEBLAKSEUHAHBEBEBMAMAHONI#adalah Rp.12.000.000 jika ingin tahu omset dalam setahun penuh kita jumlah kan saja antara omset bulan biasa dan pada bulan puasa.
Omset pada bulan biasa                                Rp.79.200.000
Omset pada bulan puasa              Rp.12.000.000 +
Total omset setahun                      Rp.91.200.000

Nah seperti itulah sahabat mengenai usaha gerobak khususnya SEBLAK sangatlah menggiyurkan … semoga bermanfaat ya untuk memotivasi menjadi seorang wirausaha….

Adapun analisa dan saran untuk Usaha SEBLAK ini..
-Pada key partner The marini hanya mengandalkan keluarga sebetulnya bisa bekerja sama dengan orang lain agar bisa buka cabang yang lebih wahh dan bukan usaha gerobak namun belum ada keberanian untuk hal yg lebih besar.
- Untuk key aktivitas sudah menjadi yang seharusnya dilakukan seorang wirausaha .
- key resource hanya mengandalkan keluarga ,jika saja mencari pekerja lainya bisa untuk melayani delivered order.
- Value proposition nya sudah pas dengan harga terjangkau dan tempat terjangkau.
- Costumers relationship sudah menarik terutama ada self service dan promo buy 5 get 1
- Channels memang jika cita rasa sudah mempunyai kualitas akan terjadi mouth to mouth antar pelanggan namun akan lebih bagus lagi jika menyampaikan suatu produk pada jaman sekarang ini lebih efektif menggunakan social media agar lebih cetar lagi usahanya bahkan bisa dikenal sampe luar negeri.
- Untuk costumer segments sudah cetar lah itu mah sip sip sip..
- Cost structure relative mahal ngga murah ngga ,ya cukup lah.
- Revenue streams udah wow atuh inimah diliat dari pendapatanya juga, hanya saja harus ada pembukuan biar alur kas nya tersutruktur dan cari pemasukan nya ngga hanya dari pelanggan contohnya Tehh Marini ini harus bisa membuka gerobak untuk orang lain dan mendapat pemasukan dari hasil persentase penjualan.
#doasuksesuntukkita























Tidak ada komentar:

Posting Komentar