1. BMC GEROBAK BASO
😊 😊 USAHA
GEROBAK YANG MAMPU MERUBAH KEHIDUPAN
Pada
saat ini seringkali kita mendengar tentang BMC atau Business Model Canvas. Tapi
akapah kita tahu dan paham tentang BMC tersebut? Yuk kitaa kupas tuntas tentang
BMC.
Business
Model Canvas atau yang bisa kita sebut dengan BMC yaitu sebuah penggambaran
untuk menggambarkan model bisnis yang akan kita lakukan, dan memiliki tujuan
keberhasilan untuk jangka waktu panjang. Bentuk BMC itu sendiri hanya berupa
selembar kertas, simple dan mudah untuk dipahami isinya , seperti namanya
Business Model Canvas. Lalu kenapa di sebut canvas? Canvas berasal dari bahasa
asing yang bisa di artikan canvas = kertas. Ciri cirri BMC terdiri dari 9
pilar, yaitu :
1. Custmer segment adalah target
market kita atau siapa saja yang akan membeli produk kita.
2. Value proportion yaitu hal apa
saja yang menjadi kelebihan atau nilai tambah, sehingga konsumen mau membeli
produk kita.
3. Channels adalah bagaimana cara
kita menawarkan atau menjual produk kita kepada konsumen.
4. Customer relationship adalah cara
apa saja yang di lakukan untuk menjaga hubungan baik dengan konsumen.
5. Revenue streams merupakn nafas
untuk membuat usaha kita tetap hidup atau tetap berjalan, yaitu bagaimana
caranya agar bisnis kita menghasilkan uang.
6. Key resources yaitu sumber daya
dan kebutuhan apa saja yang harus di penuhi untuk aktivitas bisnis kita.
7. Key activities adalah kegiatan
kegiatan yang menetukan keberhasilan suatu usaha atau bisnis.
8. Key partners merupakan mitra
kerjasama yang mendukung jalannya sebuah bisnis.
9. Cost structure menggambarkan
semua biaya yang di gunakan untuk kegiatan usaha atau bisnis.
Berbicara tentang bisnis dalam
skala gerobak, masih banyak orang yang menganggap remeh atau bisa di bilang
masih banyak yang beranggapan bahwa bisnis gerobak itu hanya mendapatkan
penghasilan yang kecil bahkan kurang dari UMK. Betulkah seperti itu?
Pada tulisan saya kali ini, saya
akan membahas tentang hasil wawancara saya dengan Ibu Lascmi berkenaan tentang
usaha gerobak Ibu Lascmi.
Ibu lasmi adalah salah satu sosok
ibu yang tidak pantang menyerah, sabar dan kerja keras dalam membahagiakan
keluarganya. Ibu dari dua anak ini, aktivitas sehari harinya yaitu berjualan
baso dengan menggunakan gerobak di salah satu tempat yang dia sewa tepatnya di
Jalan Budhi Cilember Rt 05 Rw 03 kelurahan Sukaraja Kecamatan Cicendo Bandung.
Baso yang di jual ibu Lascmi
dinamakan olehnya yaitu “BASO OPIK”. Filosofi nama tersebut yaitu karena opik
merupakan nama suami dari ibu lascmi.
Seperti yang kita ketahui bahwa
baso merupakan makanan yang banyak sekali tersebar di Indonesia dan tentunya
menjadi salah satu makanan kesukaan orang Indonesia. Karena itulah ini menjadi
peluang besar untuk Ibu Lascmi dalam berjualan basonya. Dalam sehari Ibu Lascmi
mendapatkan laba bersih sekitar 200 – 300 ribu rupiah. Nah terbukti kan, kalau
laba bersih tersebut di kalikan 30 hari atau satu bulan, Ibu Lascmi mendapatkan
keuntungan 6 juta rupiah sampai dengan 9 juta rupiah.
Akan tetapi setiap bisnis yang kita jalani
tidak selamanya akan berjalan mulus. Seperti cerita ibu lascmi, dalam bisnisnya
beberapa kali mengalami hal hal yang dapat merugikan dirinya contohnya ibu
Lascmi pernah di tipu consumen dengan
membeli menggunakan uang palsu, orang yang dengan sengaja berbuat kenakalan
dengan cara memesan baso kemudian ketika di antar ketempatnya ternyata orang
tersebut tidak mengakui bahwa dirinya sudah memesan baso Via SMS. Dan ibu lascmi juga pernah di tipu ketika Ibu
Lascmi membeli daging segar untuk bahan pembuatan baso, Ibu Lascmi malah di
kasih daging yang sudah tidak segar lagi, karena daging yang
sudah tidak segar lagi baso yang di produksinya pun menjadi lembek dan hancur.
Akan
tetapi hal tersebut tidak membuat ibu Lascmi mundur dalam usahanya, “ saya
sadar bahwa hidup di pinggir jalan dan berjualan pasti tidak selalu berjalan
baik, pasti ada kerikil kerikil kecil yang menghalangi dan saya tetap yakin dan
berusaha, yang terpenting saya selalu berdoa untuk kelancaran usaha saya “
Tuturnya.
Kalimat
yang ibu Lascmi ucapkan membuat saya yakin dan membuat saya termotivasi untuk
membuka usaha juga. Jangan pernah takut untuk memulai sebuah usaha, dan jangan
pernah takut akan sebuah kegagalan. Karena kegagalan tidak selamanya menjadi
akhir, anggap saja kegagalan adalah langkah awal menuju kesuksesan.
Nah
kita lanjut yuk, ke pembahasan. Dari hasil wawancara saya dengan Ibu Lascmi ,
ternyata keberhasilannya menjual baso sampai sekrang tidak lepas dari The
Business Model Canvas.
Yuk
kita simak The business Model Canvas…
Pembahasan The Business Model Canvas :
1.
Customer segments
Konsumen
yang di targetkan Ibu lascmi dalam memasarkan atau menjual basonya yaitu dari
masyarakat dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah. Selain itu juga
menargetkan kepada masyarakat yang menyukai makanan baso baik pria dan wanita
dari umur 5 tahun sampai 60 tahun. Tempat jualan ibu lascmi cukup strategis
karena dekat dengan sekolah, dan tentunya yang menjadi target pasar ibu lascmi
pun guru dan pelajar, mulai dari anak anak paud sampai dengan sekolah menengah.
2.
Customer Relationship
Saya
termasuk salah satu pelanggan setia ibu Lascmi, jadi saya bisa merasakan
sendiri pelayanan yang di berikan ibu lascmi. Dari hasil wawancara saya kepada
ibu Lascmi berkenaan customer relationship, Ibu Lascmi selalu memberikan
pelayanan yang terbaik, ramah dan selalu memberikan senyum terhadap pelanggannya,
memberikan kenyamanan dan kepuasan, menjalin kepercayaan terhadap konsumen, dan
yang terakhir supple dan menyenagkan, sehingga konsumen yang datang pun merasa
tidak canggung dan selanjutnya akan menjadi pelanggan.
3. Value Propositions
Baso yang di jual Ibu Lascmi ,
benar benar baso yang terjaga kualitasnya , cita rasa yang khas Solo, bahan
baku (daging) yang di gunakan selalu segar, dan tanpa bahan pengawet maupun
pengenyal Baso. Kemudian Baso Opik ini menyediakan jasa pesan antar atau
Delivery Order, jadi itu bisa menjadi nilai tambah untuk baso opik.
4. Key Activities
Aktivas yang di lakukan Ibu
Lascmi dalam menjalankan usahanya BASO OPIK, adalah menyediakan bahan baku dari
mulai daging yang segar sampai dengan bumbu bumbunya, memproduksi baso, menjual
baso, dan melakukan promosi untuk meningkatkan omset yang di dapat ibu Lascmi.
5. Key Partners
Dalam menjalankan bisnisnya baso
opik harus memiliki key partners , seperti halnya memiliki supplier untuk
menyediakan bahan baku yang di butuhkan ibu lascmi, kemudian pemilik tempat
yang di gunakan untuk kegiatan pemasaran atau penjualan Baso Opik.
Dalam hal key partners ibu lasmi
memilih orang yang dapat di percaya, jujur, amanah serta bertanggung jawab
apabila ada problem yang berkaitan dengan bahan baku maupun tempat sewa.
6. Channels
Baso opik di jual di salah satu
tempat yang di sewanya atau bisa di katakana secara Offline. Dengan
perkembangan teknologi yang pesat, Ibu Lascmi tidak mau ketinggalan karena ibu
Lasmi pun melakukan pemasaran serta promosi melalui internet yaitu dengan
menggunakan media sosial facebook, serta telpon dan sms.
7. Key Resources
Dalam menjalankan bisnis Baso
Opik,ibu Lascmi membutuhkan tenaga yang dapat membantu dalam proses pembuatan
baso, kemudian perlatan yang lengkap dan layak pakai. Untuk melakukan penjualan
dan promosi via media sosial, sms dan telpon menggunakan Hp android.
8. Cost Structure
Struktur biaya yang digunakan
oleh ibu Lascmi “ Baso opik “ untuk sewa tempat jualan, bahan baku, serta biaya
operasional lainnya.
9. Revenue Stream
Pendapatan yang di hasilkan oleh
ibu Lascmi dari semua produk yang di jual “ Baso Opik “ menyediakan Baso dengan
berbagai varian, Mie ayam, es campur dan pop Ice.
Adapun analisa dan saran untuk
usaha baso Ibu Lascmi.
1.
Pada
customer segment, target pasar ibu Lascmi sudah cukup bagus dan tepat.
2.
Dalam
hal menjalin hubungan yang baik dengan konsumen ibu lascmi sudah sangat
memperhatikan hal tersebut.
3.
Value
proporsitions yang di bangun oleh ibu lasmi sudah bagus dan menarik konsumen.
4.
Dan
untuk revenue streams juga sudah bagus, karena ibu Lasmi tidak hanya
mengandalkan basonya saja, tapi ibu lasmi juga menjual mie ayam, es campur
serta pop ice. Dan akan lebih baik jika
Ibu Lascmi melakukan pembukuan terhadap usahanya, supaya terlihat arus kasnya.
5.
Channel
yang di gunakan Ibu Lascmi sudah bagus karena sudah mulai menggunakan
media sosial, akan tetapi menurut saya
harus lebih di kembangkan lagi supaya orang lebih tertarik.
#kewirausahaansukses
#pantangmenyerah
2. BMC GEROBAK SEBLAK
😇😇 USAHA GEROBAK MENJANJIKAN ??
Ada yang pernah mendengar The
Business Model Canvas ? adalah bisnis yang terdiri dari 9 blok area aktiviitas
bisnis, yang memiliki tujuan memetakan strategi untuk membangun bisnis yang
kuat, bisa memenangkan persaingan dan sukses dalam jangka panjang. Bussines
Model Canvas ini memiliki ciri khas dengan 9 blok yaitu :
1. Costumers
segment- Kepada siapa mnawarkan produk? Siapa pelanggan yang palng penting ?
2. Value
proposition- Penawaran nilai atau jasa produk yang anda tawarkan dalam bisnis
anda kepada pelanggan anda.
3. Costumer
Relationship- Bagaimana memabangun dan menjaga hubungan dengan pelanggan.
4. Channel-
Bagaimana anda menghantarkan produk anda
kepada segment pasar yang telh anda tentukan, apa jalur yang paling mudah lewat
mereka.
5. Key
Partnership- Siapa rekan anda, sumber daya apa yang ia sediakan,bagaimana ia
dapat membantu aktivitas bisnis anda.
6. Key
Resource- Apa saja sumber daya yang dibutuhkan untuk menghasilkan produkdan
menghantarkanya melalui chanel serta menjaga hubungan dengan pelanggan.
7. Key
Activities- Apa aktivitas paling penting yang harus anda lakukan agar bisnis
anda jalan.
8. Cost
Structure- Berapa biaya yang harus dikeluarkan dalam model bisnis anda? Mana
biaya tetap? Mana biaya variable.
9. Revenue
stream- Dari mana sumber pemasukan? Apa saja yang pelanggan bayar?
BIcara tentang usaha gerobak
pasti kebanyakan orang memandang sebelah mata kepada usaha gerobak atau
pedagang-pedagang yang menggunakan gerobak. Menganggap kalau penghasilan mereka
lebih kecil daripada karyawan pabrik ataupun pekerja lainya. Padahal opini itu
bukanlah kenyataanya melainkan kebalikanya , apakah anda percaya dengan apa
yang saya tulis bahwa usaha gerobak melebihi penghasilan karyawan pabrik yang
sudah mencapai gajih UMK ? oleh karena itu untuk memastikan kebenaran apa yang
saya katakan ataupun yang saya tulis mari kita simak dan cermati true analisa
saya ….. ‘’’Simak terus yaa……….
Anda pernah mendengar SEBLAK ?
pastinya sudah dong…. Bahkan seblak ini sudah dikenal oleh sebagian warga
asing. Nah disnilah kita akan mencari tahu untuk memastikan apa yang saya
katakan tentunya melalui usaha gerobak SEBLAK atau dari penjual SEBLAK …
Seblak pada era sekarang ini
sudah sangat banyak macam-macam rasa dan jenisnya juga telah di modifkasi
kembali sehingga seblak telah tampil berbeda dari tahun 2000 an ke belakang
contohnyakan sekarang tuh ada seblak tulang,makroni,ceker,batagor,basreng dll,
sementara dulu mah naon atuh Cuma ada seblak kurupuk aci eta ge di ditinyuh
ngangge cai panas dikeeum nepi beukah terus dicengekan meni sedih’’’hehe bahasa
sunda dikit’’’ artinya gini buat yang ga ngerti bahasa sunda sementara kalau
dulu itu Cuma ada seblak kerupuk aci saja diseduh dengan cara direndem pake air
panas sampai mengembang dan diberi cabe rawit sangatlah sedih…. Gitu artinya
hehehehe. Di sebuah daerah, saya melihat ada yang usaha gerobak SEBLAK tepatnya
Di dayeuhkolot kab, Bandung hari itu saya sekedar melihatnya saja tapi
dikemudian hari saya mencoba untuk menghampirinya, dan yang telah membuat saya
ingin menghampiri dikarnakan penjual seblak gerobak itu selalu di gandrungi
banyak pembeli , saya penasaran dong pastinya namun awalnya saya hanya
penasaran dengan rasa nya ‘’’’’ wahh kayanya enak tuh seblak ,pembelinya juga
banyak gitu’’’ dan sayaa beli lah seblak itu karena penasaran dengan rasanya..
‘’’kira-kira enak ngga menurut sahabat ?? jawabanya adalah …. Yaaa ternyata
memang enak hmmmmm pantesan banyak yang beli rasanya itu beda dari seblak yang
lain ‘’’’kayanya pake bumbu rahasia nihhhh’’’’’, tapi penasaran saya ngga
sampai disitu tiba-tiba saya penasaran akan penghasilan penjual SEBLAK gerobak
itu yang akhirnya saya memberanikan diri untuk menghampirinya lagi tapi dengani
tujuan utamanya bukan untuk membeli kalau sekarang melainkan untuk mewawancarai
penjual SEBLAK tersebut ,ketika saya datang lagi-lagi si SEBLAK sedang
digandrungi banyak pembeli ya terpaksa saya menungu sampai pembelinya mereda
,singkat cerita akhirnya pembeli mereda dan saya langsung memulai untuk meminta
ijin wawancara dan syukurnya beliau berkenan untuk di wawancara.. ‘’’’ teteh
penjual seblak nya baik banget, ramah, cantik pula.hehehe
Okey deh kita kenali dulu yuu
penjual SEBLAK nya…
Di suatu daerah tepat nya,
Ds.Dayeuhkolot Kec Dayeuhkolot RT 07 RW 08 Depan Toko Ria Busana Berdiri sebuah
usaha gerobak pinggir jalan yang di kelola oleh seorang wirausahawati ,
‘’’’wirausahawati’’’’’ ?? siapa yang dimaksud wirausahawati…… yaa beliau adalah
pemilik usaha gerobak SEBLAK, Beliau bernama Tehh Marini kalau saya panggil,
seorang ibu rumah tangga 36 tahun + wirausahawati ‘’’ hebat kan jiwa ibu
kartini nya ada’’’ Tehh marini mempunyai 4 orang anak yang masih berada pada
bangku sekolah semuanya dan suaminya bekerja sebagai karyawan di suatu
perusahaan. Sebelum usaha SEBLAK ini Didirikanawalnya Dikarnakan Tehh Marini
ingin membantu suaminya untuk memenuhi kebutuhan keluarga khususnya untuk biaya
anak-anak nya sekolah Tehh Marini mencoba berpikir bagaimana agar beliau dapat
membantu suaminya ataupun ekonomi keluaarga karna memang waktu itu kondisi
ekonomi Tehh Marini sedang tidak baik namun Tehh Marini tetap berpikir untuk
bisa mengembalikan kembali ekonomi keluarganya, singkat cerita karna melihat di
sekeliling rumahnya bahkan tetangganya banyak yang berjualan seblak rumahan
beliau terbesit untuk berjualan seblak namun beliau berpendapat tidak mungkin
kalau jualan seblak rumahan karna kan sudah banyak yang jualan.. beberapa
minggu kemudian ada yang menjual Gerobak bekas dengan harga 350 ribu’’’’’ ada
yang jual gerobak,[terbesit] okey mending jualan seblak di gerobak aja tinggal
cari tempat mangkalnya kata tehh marini’’’’ tak banyak berpikir tehh Marini
langsung membeli gerobak tersebut dan tak lama mndapatkan tempat pangkalan
untuk berjualan, dan harus sahabat ketahui bahwa tehh marini tidak mempunya
basic ataupun pengalaman untuk berwirausaha serta tidak ada keturunan keluarga
yang berwirausaha. Dengan modal nekad dan modal bermaterikan pas pasan Tehh
Marini memulai berjualan SEBLAK Pada Tahun 2014 hingga sekarang dengan memberi
nama gerobak jualanya #SEBLAKSEUHAHBEBEBMAMAHONI# sebentar
saya penasaran kenapa tehh marini memberi nama gerobak/usahanya seblak seuhah
mamah oni ?? dan tehh Marini menjawab seblak seuhah bebeb itu persembahan usaha
SEBLAK teteh untuk membantu s bebeb ( suami) sedangkan mamah oni itu teteh
mempunyai anak paling gede bernama soni jadi yang berjualanya itu teteh
mamahnya soni jadi deh #SEBLAKSEUHAHBEBEBMAMAHONI# wah menarik yaaa J#SEBLAKSEUHAHBEBEBMAMAHONI#ini
mulai berjualan dari jam 4 sore sampe jam 11 malem ‘’’duh tehh kenapa
harus dari sore sampai malem saya
tanya’’’ karena yang jualan seblak dari pagi sampe sore sudah banyak kalau
didaerah sini jadi teteh ngambil yang dari sore sampe malem, jawab tehh
marini.’’’’kaya kerja shifh pabrik aja ‘’’hehe, tapi merupakan good idea
strategi yang tepat lohh.
Selama kurang lebih 3 tahun #SEBLAKSEUHAHBEBEBMAMAHONI#berdiri
mengalami penjualan yang pasang surut namun dengan keyakinan, semangat, kerja
keras,dan berdoa Tehh Marini jualanya sampai sekarang tetap berdiri dan semakin
bertambah banyak pelangganyabahkan yang berada diluar daerah pun banyak yang
sengaja jauh-jauh datang untuk membeli #SEBLAKSEUHAHBEBEBMAMAHONI# padahal
di daerah nya pun ( pelanggan ) banyaak yang berjualan SEBLAK itu membuktikan
bahwa kualitas SEBLAK Tehh Marini ini memang juara !!! #SEBLAKSEUHAHBEBEBMAMAHONI#
memiliki omset penjualanya yang lumayan kalau seukuran usaha gerobak ,
‘’’penasaran dengan omsetnya yang katanya melebihi gaji umk karyawan ?’’’ namun
dibalik kesuksesan #SEBLAKSEUHAHBEBEBMAMAHONI# secara tidak langsung menggunakan #The business model canvas mari kita
lihat business model canvas #SEBLAKSEUHAHBEBEBMAMAHONI# serta
pendapatan nya dalam perhari, perbulan juga pertahun.
Ohh iya tuh hampir ada yang lupa
Tehh Mariini juga sharing suka duka nya nih tentang usaha gerobaknya sahabat
jangan mengira bahwa usaha Tehh Marini berjalan dengan mulus. Pada tahun
pertama bulan ke 1 sampai dengan bulan ke 3 omset Tehh Marini di gebrak dengan
penghasilan 600 rb per hariwaw gede dong… lalu bulan ke 4 ??? ‘’’duh saya
cerita nya baper nih teringat pas waktu wawancara Tehh Marini, Bukan karena
Baper ada perasaan yang dipendam ya bukan hehehe’’’ yang terjadi pada bulan ke
4 sembari Tehh Marini terisak menangis menceritakan bahwa dibulan ke 4 itu
omsetnya mencapai 0 Rupiah ‘’’’wahh s Teteh becanda nihh’’’’ dan ternyata
memang ngga becanda Tehh marini mencapai omset 0 Rupiah pada bulan ke 4 karna
beliau tidak bisa berjualan setelah kejadian yang menimpa dirinya dan
mengharuskan Tehh Marini terbaring dirumah sakit selama 5 hari ( pada waktu itu
ada kecelekaan lalulintas roda dua terjatuh kencang dan menabrak gerobak Tehh
Marini dengan keadaan Tehh marini sedang memasak, gerobak hancur berantakan
barang dagangan semuanya sirna api berkobaran karna dari kompor yang sedang
menyala ada tiga orang yang terluka Tehh Marini dengan luka yang Parah dan 2
pelangganya yang mengalami luka Sedang) hasil laba berjualan selama 3 bulan
habis lagi untuk dipake berobat karna yang menabrak bukan orang yang berada dan
hanya bisa mengatakan maap terpaksa biaya rumah sakit Tehh Marini yang tanggung
sendiri. Setelah sembuh Tehh Marini bingung untuk berjualan kembali melihat
keadaan gerobaknya yang sangat berantakan dan tidak ada modal untuk kembali
berjualanya, Tapi Tuhan maha adil dan maha segalanya 2minggu kemudian ada
seorang pelangganya yang menanyakan kepada warga sekitar kenapa yang jualan seblak
disini ngga jualan lagi? warga menjawab dengan apa yang sudah menimpa Tehh
Marini dengan dermawan nya si pelanggan itu meminta untuk di antarkan ke Rumah
Tehh Marini, singkat cerita seorang dermawan ini memberikan modal secara
Cuma-Cuma untuk Tehh Marini agar bisa bejualan lagi, disitulah Tehh Marini bisa
berjualan lagi dan masih berdiri sampe sekarang.. tapi saya menanyakan apakah
pelanggan dermawan itu sering kesini? Tehh Marini menjawab semenjak beliau
memberikan bantuan kepada teteh beliau belum pernah kesini lagi sampe
sekarang.’’’’ Terharu yaa ‘’’ semoga kita bisa jadi seorang dermawan yaa’’’’’
dan pesan yang didapat jangan takut berwirausaha, karna kegagalan awal dari
keberhasilan kesulitan apapun yang menimpa usaha kita pasti akan ada jalan
keluarnya asalkan kita yakin dan optiimis.. kita lanjut ya untuk melihat
pendapatanya atau bisnis model canvas nya..
Nah gimana sudah lihat business
model canvas nya #SEBLAKSEUHAHBEBEBMAMAHONI#?disini kita dapat menyimpulkan dan
memastikan bahwa pengusaha gerobak berpenghasilan lebih besar daripada
penghasilan karyawan pabrik yang mendapatkan gajih UMK ..
#SEBLAKSEUHAHBEBEBMAMAHONI# Rp.91.200.000 /tahun
Terbukti yaaaa kawan-kawan,perbedaan
yang signifikan untuk penghasilanya… jadi jangan takut untuk berwirausaha .#suksesselaluuntukkita
Kita bahas kembali yaa#SEBLAKSEUHAHBEBEBMAMAHONI#
Tehh Marini mengatakan bahwa
rekan yang bisa membantu untuk usahanya ini keluarga khsusnya suami dan anak
yang selalu mendukung ketika berjualan nya ramai pmbeli anak nya yang selalu
membantu ataupun suaminya, tak lain kunci aktivitas dalam berjualanya adalah
berdoa kepada yang maha kuasa dan selalu yakin optimis dan mengutamakan cita
rasa dalam memasak akan usahanya, terbukti kunci aktivitas seperti itu usahanya
berjalan sampai sekarang, pembeli berdatangan sendiri tanpa harus dicari
melainkan pembeli mencari #SEBLAKSEUHAHBEBEBMAMAHONI#untuk
sumber daya yang dibutuhkan Tehh marini tidak mempunyai karyawan yang berperan
dalam usahanya hanya Tehh marini dan keluarganya, tapi menarik apa yang jadi
nilai lebih dan menjadikan hubungan baik dengan pelangganya adalah usahanya
Tehh Marini disamping harga nya yang terjangkau dan banyak jenis varian seblak
dengan rasa yang berbeda dari yang lain disini juga disuguhkan kalau bahasa
keren nya self service pelanggan
bisa memasak sendiri dan melayani dirinya sendiri dan yang pasti tempat nya
strategis mudah dijangkau seperti harganya, tidak hanya itu untuk menambah
ikatan terhadap pembeli Tehh Marini memberikan Promo Buy 5 get 1’’’makin betah
aja atuh pelangganya inimah’’’.. Tehh Marini membuka usaha SEBLAK karna tidak
ada batas kalangan anak sampai dewasa,ibu-ibu dapat mengkonsumsi SEBLAK dan
benar-benar memanfaatkan segment dimana daerah tersebut sering dilewati
orang-orang, baik yang pulang kerja ataupun yang ber shoping-shoping karena
daerah itu pusat perbelanjaan, untuk memperkenalkan produk nya Tehh Marini
tidak menggunakan social media dll hanya mengandalkan mulut ke mulut dari
pelanggan, stay place dan dengan cara seperti itu juga sudah menjadikan
usahanyamaju apalagi kalau di promosikan melalui social media ataupun yang
lainya. Untuk biaya nya :
Biaya tetap
1. Listrik
Rp.150.000/bulan
2. Gas
3 kg Rp.12.000/hari ( harga
gas dibagi 2 , 24.000/2)
3. Keamanan
Rp.4000/hari
4. Kebersihan
Rp.2000/hari
5. Belanja
bahan Rp.200.000/hari
Biaya berubah
1. Belanja
bahan Rp.350.000/hari ( jika permintaan
bertambah)
Rata-rata Pendapatan dari pelanggan
Pada bulan biasa
Laba kotor Rp.500.000/hari
Laba bersih Rp.300.000/hari x 24 hari =
Rp.7.200.000 jadi dalam sebulan omset bersih #SEBLAKSEUHAHBEBEBMAMAHONI#adalah
Rp.7.200.000 x 11 bulan biasa = Rp.79.200.000
Total dalam sebelas bulan
omsetnya mencapainya Rp.79.200.000
Pada Bulan puasa ( romadhon )
Laba kotor Rp.900.000/hari
Laba Bersih Rp.500.000/hari x 24 hari =
Rp.12.000.000 jadi 1 bulan puasa omset #SEBLAKSEUHAHBEBEBMAMAHONI#adalah
Rp.12.000.000 jika ingin tahu omset dalam setahun penuh kita jumlah kan saja
antara omset bulan biasa dan pada bulan puasa.
Omset pada bulan biasa Rp.79.200.000
Omset pada bulan puasa Rp.12.000.000 +
Total omset setahun Rp.91.200.000
Nah seperti itulah sahabat
mengenai usaha gerobak khususnya SEBLAK sangatlah menggiyurkan … semoga
bermanfaat ya untuk memotivasi menjadi seorang wirausaha….
Adapun analisa dan saran untuk Usaha
SEBLAK ini..
-Pada key partner The marini
hanya mengandalkan keluarga sebetulnya bisa bekerja sama dengan orang lain agar
bisa buka cabang yang lebih wahh dan bukan usaha gerobak namun belum ada
keberanian untuk hal yg lebih besar.
- Untuk key aktivitas sudah
menjadi yang seharusnya dilakukan seorang wirausaha .
- key resource hanya mengandalkan
keluarga ,jika saja mencari pekerja lainya bisa untuk melayani delivered order.
- Value proposition nya sudah pas
dengan harga terjangkau dan tempat terjangkau.
- Costumers relationship sudah
menarik terutama ada self service dan promo buy 5 get 1
- Channels memang jika cita rasa
sudah mempunyai kualitas akan terjadi mouth to mouth antar pelanggan namun akan
lebih bagus lagi jika menyampaikan suatu produk pada jaman sekarang ini lebih
efektif menggunakan social media agar lebih cetar lagi usahanya bahkan bisa
dikenal sampe luar negeri.
- Untuk costumer segments sudah
cetar lah itu mah sip sip sip..
- Cost structure relative mahal
ngga murah ngga ,ya cukup lah.
- Revenue streams udah wow atuh
inimah diliat dari pendapatanya juga, hanya saja harus ada pembukuan biar alur
kas nya tersutruktur dan cari pemasukan nya ngga hanya dari pelanggan contohnya
Tehh Marini ini harus bisa membuka gerobak untuk orang lain dan mendapat
pemasukan dari hasil persentase penjualan.
#doasuksesuntukkita
Tidak ada komentar:
Posting Komentar